DPRD Pessel Sorot Penggunaan Anggaran BOK di Puskesmas

"untuk tahun 2018 ini, realisasi laporan anggaran BOK yang diterima DPRD masih rendah."

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra menyoroti, perihal terkait penggunaan anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di masing-masing Puskemas di Pesisir Selatan belum dimanfaatkan secara maksimal.

Dedi Rahmanto Putra menyebutkan, untuk tahun 2018 ini, realisasi laporan anggaran BOK yang diterima DPRD masih rendah. Bahkan, penggunaan anggaran tersebut hanya dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan perjalanan dinas saja, tanpa ada kegiatan pro masyarakat.

"Masih rendah (Realisasi BOK Puskesmas), dari laporan yang kita terima hanya mencapai 30 sampai 35 sampai masa akhir tahun ini. Dan itu, kebanyakan digunakan untuk biaya bolak-balik dari Puskesmas (pejabat) ke Kantor Dinas Kesehatan setiap kegiatan," jelas Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra padaKLIKPOSITIF, Kamis 11 Oktober 2018.

Menyikapi persoalan ini, Dedi Rahmanto Putra meminta Dinas Kesehatan untuk lebih proaktif dalam mengawasi kinerja Puskesmas. Diantaranya, dengan melakukan monitoring kegiatan pro masyarakat, seperti halnya sosialisasi serta pembinaan kesehatan ke bawah.

"Sejauh ini, kita lihat realitanya memang itu, lebih banyak untuk perjalanan dinas. Padahal, anggaran bisa digunakan untuk kepentingan sosialisasi serta kegiatan edukasi kesehatan yang berguna untuk masyarakat," terangnya.

Kata Dedi Rahmanto Putra, terkait realisasi untuk penggunaan BOK Puskesmas pertahun rata-rata setiap Puskesmas menerima BOK mencapai Rp500 juta, dan dikalkulasikan pertahun anggaran untuk semua Puskesmas mencapai miliar rupiah pertahun.

"Itu dianggarkan setiap tahun, rata-rata air ada sekitar Rp500 juta masing-masing Puskesmas. Dan ini, kita minta penggunaan agar lebih maksimal," terangnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Pessel, Satria Wibawa sendiri saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF tidak menganfal berapa banyaknya peruntukan BOK masing-masing Puskesmas di daerah itu. Namun, sesuai peruntukan, BOK masing-masing ... Baca halaman selanjutnya