Wabup Mentawai Berharap ASB Berikan Pemahaman Kebencanaan pada Masyarakat

"Kami berharap kepada lembaga ASB untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pemahaman mereka mengenai bencana"
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake (Mentawaikab.go.id)

KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake berharap kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kesiapsiagaan bencana seperti Arbeiter Samariter Bund (ASB) dapat  memberikan pemahaman kepada masyarakat Mentawai tentang kesiapsiagaan bencana dan juga resiko bencana secara rinci, begitu juga kepada masing –masing organisasi perangkat daerah (OPD), dan juga pemerintahan ditingkat desa terutama pada desa yang telah dibentuk sebagai Desa Tangguh Bencana.

“Kami berharap kepada lembaga ASB untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pemahaman mereka mengenai bencana. Selain itu, bagi yang berada di lapangan diharapkan untuk dapat membangun komunikasi dengan masyarakat,” kata Kortanius pada sambutannya saat menerima kunjungan tim ASB pusat di Mentawai, di aula kantor bupati setempat, Rabu,(17/10

Korta juga berharap kepada ASB untuk membangun komunikasi atau pemahaman kepada masyarakat baik itu ilmunya untuk menyampaikan kepada tokoh agama agar bisa menyampaikan pesan – pesan tentang kesiap-siagaan bencana supaya disampaikan kepada umatnya masing – masing.

“Kalau bencana terjadi pasti kita lari, kita secara tidak sadar berusaha untuk menyelamatkan diri kita dulu. Nah ini, menyelamatkan diri kita sendiri saja belum tentu bisa, apa lagi menyelamatkan orang lain, termasuk teman. Oleh karena itu, diharapkan kepada teman dari ASB ataupun BPBD agar sistem komunikasi pemerintah desa atau Camat, kelompok, organisasi dapat dibangun,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim Arbeiter Samariter Bund (ASB) yang telah berkunjung ke Mentawai dalam rangka monitoring daerah rawan bencana khususnya yang ada di kecamatan Sipora Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih, mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada bapak – ibu ASB yang telah ... Baca halaman selanjutnya