Desa Tuapejat Bakal Kembangkan Tiga Potensi Unggulan

"desa Tuapejat memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, namun semuanya tergantung kreativitas masyarakat dan didukung oleh pemerintah desa untuk mengembangkan potensi yang ada"
Pantai Jati Tuapejat, Mentawai (Net)

KLIKPOSITIF - Desa Tuapejat merupakan salah satu desa di Kecamatan Sipora Utara yang berada di pusat ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kaya akan potensi wisata dan berbagai potensi lokal lainnya.

Potensi yang dimiliki desa Tuapejat merupakan kekayaan yang harus dimanfaatkan  oleh masyarakat setempat guna meningkatkan ekonomi keluarga.

Kepala desa Tuapejat, Pusuibiat T.Oinan mengatakan, desa Tuapejat memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, namun semuanya tergantung kreativitas masyarakat dan didukung oleh pemerintah desa untuk mengembangkan potensi yang ada.

“Desa Tuapejat memang banyak potensi. Itu juga tergantung kreativitas masyarakat. Kalau masyarakat kreatif, kami juga dari desa akan dukung sepenuhnya. Yang belum ada bisa dibuat ada,” katanya pada Rabu (10/10).

Lebih lanjut, Pusuibiat menuturkan, setidaknya ada tiga potensi unggulan yang akan direncanakan dikembangkan di desa Tuapejat. Tiga potensi tersebut yakni, pariwisata, pertanian dan kelautan.

Pusuibiat secara rinci menjelaskan, potensi di bidang pariwisata yang rencananya akan dikembangkan yakni penataan kawasan wisata agar lebih menarik minat wisatawan. Di bidang pertanian sendiri akan dikembangkan pengelolaan minyak kelapa.

Selain pengembangan pariwisata dan pertanian, desa Tuapejat  juga akan kembangkan potensi kelautan dan perikanan.

Pengembangan tiga potensi unggulan yang di desa Tuapejat kata Pusuibiat masih terkendala dengan minimnya sumber daya manusia.

Ia berharap kedepan, ada masyarakat desa Tuapejat yang mampu mengelola potensi yang ada yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

"Kita masih terkendala dengan SDM. Kita maunya sumber daya alam atau potensi yang ada di desa Tuapejat harus dikelola masyarakat Tuapejat itu sendiri" pungkasnya. [Adv]

Sumber: Mentawaikab.goid