KPU Pasbar Sediakan 10 Baliho dan 16 Spanduk untuk Peserta Pemilu

"KPU Pasbar sarankan APK itu dipasang per-kecamatan, bukan per-nagari"
Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis (KLIKPOSITIF/Irfansyah Pasaribu)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat (Pasbar)-Sumbar hanya menyediakan 10 baliho dan 16 spanduk untuk peserta Pemilu 2019. Namun hingga saat ini KPU Pasbar masih membahas lokasi mana saja yang akan dipilih sebagai tempat baliho dan spanduk tersebut.

"Kami menyarankan jumlah APK (Alat Peraga Kampanye) yang disediakan itu hanya untuk per kecamatan bukan per nagari," ujar Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis, Senin 5 November 2018 di ruang kerjanya.

Lanjut Alharis, sarana APK ini telah diatur dalam Undang-Undang Pemilu dan didukung melalui surat Keputusan KPU Nomor 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX Tahun 2018, tentang petunjuk teknis fasilitasi metode kampanye dalam pemilihan umum 2019.

Menurutnya, seluruh peserta pemilu di Pasaman Barat dalam hal ini Partai Politik, telah menyerahkan desain APK nya. Hanya saja, untuk capres dan cawapres 2019 desain APK hingga saat ini belum diserahkan oleh partai pengusung masing-masing di kabupaten.

Alharis menjelaskan, pihaknya sudah dua kali mengirimkan surat terhadap masing-masing partai pengusung capres dan cawapres.

"Terakhir kali kita menyurati, Kamis (1/11/2018) lalu. Dalam surat itu, kita meminta penyerahan desain APK capres dan cawapres paling lama Kamis (8/11/2018) mendatang," jelasnya.

Alharis menambahkan, kendala yang dihadapi pihaknya terkait lambatnya pengiriman data dari peserta pemilu karena tidak adanya sanksi yang mengikat dalam penyerahan desain APK.

[Irfansyah Pasaribu]