Targetkan Partisipasi Pemilu di Atas 78 Persen, KPU Sawahlunto Gelar Kursus Kepemiluan

"Para peserta tersebut, nantinya akan menjadi mitra KPU Kota Sawahlunto untuk mensosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat."
Salah Seorang Nara Sumber Sedang Memberikan Materi Kursus Kepemiluan. (Ist)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Untuk mencapai target partisipasi pemilih diatas 78 persen pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto melaksanakan kursus kepemiluan. Kursus tersebut diikuti 80 peserta, merupakan perwakilan dari 4 kecamatan yang digelar 7 hingga 9 November 2018.

Para peserta tersebut, nantinya akan menjadi mitra KPU Kota Sawahlunto untuk mensosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat.

Komisioner KPU Kota Sawahlunto, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Desi Fardila mengatakan pelatihan kursus kepemiluan bertujuan untuk menciptakan pelopor demokrasi untuk mensukseskan pemilu 2019 di Sawahlunto.

"Kursus kepemiluan, tujuannya bagaimana mencapai target dari KPU RI untuk partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen," katanya di Kantor KPU Kota Sawahlunto, Rabu 7 November 2018.

Desi menambahkan, berkaca pada Pilwako 2018, partisipasi masyarakat Kota Sawahlunto cukup tinggi dan antusias, hal itu terbukti dengan partisipasi pemilih melebihi dari target yakni 78 persen dan yang tertinggi dari 4 Kota di Sumbar dalam Pilwako 2018 yang digelar serentak tersebut.

"Terget kita lebih dari Pilwako 2018, atau minimal sama. Untuk mencapai itu, peserta inilah yang akan terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan, minimal di lingkungan keluarganya dulu," tambahnya.

Selain itu, beberapa sosialisasi lain juga telah dilakukan KPU Kota Sawahlunto, yakni KPU Go to School kepada 9 SMA/MA/SMK menyasar pemilih pemula, segmen disabilitas, segmen perempuan pada ibu-ibu PKK, dan Komunitas-komunitas hobi yang ada di Sawahlunto.

Diketahui, peserta diambil dari masyarakat umum. Untuk kursus dilaksanakan tiga gelombang, gelombang pertama dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Silungkang - Lembah Segar sebanyak 40 peserta di Aula Hotel Ombilin Sawahlunto. Sementara sisanya untuk Dapil 1 Barangin dan Dapil 2 Talawi ... Baca halaman selanjutnya