Tiga Grup Musikalisasi Meriahkan Festival Bumi

"Komunitas Seni Nan Tumpah, Pentas Sakral, dan Sanggar Seni Dayung-Dayung akan menampilkan musikalisasi puisi"
Penampilan grup musik (ist)

PADANG,KLIKPOSITIF-Tinggal menghitung hari Festival Bumi akan digelar. Festival yang akan berlangsung dari tanggal 10-14 November 2018 mendatang, menyuguhkan beberapa pertunjukan, salah satunya musikalisasi puisi. Tiga grup yang akan memeriahkan festival ini adalah grup-grup yang sering membawakan musikalisasi puisi dipelbagai acara dan kegiatan. Grup-grup tersebut yaitu, Komunitas Seni Nan Tumpah, Pentas Sakral, dan Sanggar Seni Dayung-Dayung.

“Kami telah menyiapkan lima musikalisasi puisi. Puisi-puisi yang digarap adalah puisi yang ditulis oleh orang-orang yang berproses di Bumi Teater, seperti M. Ibrahim Ilyas, Irmansyah, Syarifuddin Arifin. Dua lagu saya aransemen ulang dari versi Mahatma dan tiga lagu saya ciptakan sendiri. Sekarang sudah memasuki minggu ke-4 untuk persiapan,” terang Tengku Raja Ganesa selaku komposer.

Sedangkan Pentassakral, Nina Rianti menjelaskan akan membawakan 2 lagu dari puisi Raudha Thaib yang berjudul “Malam Seribu Bulan” dan “Perempuan”. “Sejak 1998 kami telah membawakan 2 lagu tersebut, tentu dengan komposisi yang berbeda. Nanti, kami akan tampil berempat orang dengan sentuhan musik Akustik” jelasnya.

Sama dengan Pentas Sakral, Yudistira Alin selaku komposer Sanggar Seni Dayung-Dayung juga membawakan lagu yang sudah mereka pentaskan sebelumnya, hanya satu yang belum pernah dipentaskan.

“Kami akan membawakan 2 lagu saat pembukaan dan 2 lagu lagi disaat penutupan. Tiga dari empat lagu itu sudah pernah kami bawakan, tapi khusus Festival Bumi, kami melakukan aransemen ulang. Satu lagu lagi berupa komposisi musik dengan warna-warni kontemporer” jelas Yudistira.

Sanggar Seni Dayung-Dayung membawakan puisi dari Hamid Jabbar dan A Alin De, tambahnya. Semua pertunjukan dalam Festival Bumi akan diadakan di Komplek Taman Budaya Sumatera Barat. Festival ini memperingati 42 tahun grup yang didirikan sejak 1976