Banjir, Rute TdS Hari Ini Diubah

"Balapan yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finis di Pasaman rutenya dipangkas menjadi 161.4 kilometer."
Balapan yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finis di Pasaman rutenya dipangkas menjadi 161.4 kilometer. (KLIKPOSITIF)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF - Akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari ini, rute Tour de Singkarak etape 5 yang digelar hari ini Kamis, 8 November mengalami perubahan. Balapan yang dimulai dari Limapuluh Kota dan finis di Pasaman rutenya dipangkas menjadi 161.4 kilometer.

Dalam pengumuman yang diterbitkan Organizer Communique pagi ini perubahan rute ini terjadi akibat banjir yang terjadi di daerah sekitar Taram. Perubahan ini membuat jalur balapan yang semula belok kiri ke sesudah Tanjung Pati diubah menjadi lurus terus menuju Baso. Sebelumnya rute ini membentang sejauh 170.5 kilometer.

Meski rute diubah, tidak ada perubahan titik sprint dan titik KOM di sepanjang lintasan. Titik sprint pertama berada di Tanjung Pati 29,2 kilometer dari garis finis. Dua titik sprint lainnya terletak di Biaro Bukittinggi sekitar 65.5 kilometer dari start dan di Bonjol 126.7 kilometer dari start. Tiga titik ini akan menjadi pertarungan sejumlah sprinter untuk merebut poin. Jesse Ewart atau Robert Muller masih menjadi kandidat kuat untuk berebut Green Jersey.

Untuk berebut gelar Raja Tanjakan rute ini memiliki titik KOM terbanyak sejauh ini. Titik pertama terletak di Kelok 9 dengan jarak 12.9 kilometer dari start. Terdapat dua titik KOM lainnya, pertama terletak di Baso dengan ketinggian tanjakan 880 meter dan yang kedua terletak di Palupuh dengan ketinggian 752 meter. Jesse Ewart yang menguasai gelar Raja Tanjakan di dua etape terakhir masih menjadi kandidat kuat untuk gelar ini.

Kemaren, pebalap Thailand Thanakhan Chaiyasombat menjadi penakluk etape keempat dengan menjadi pebalap tercepat. Pebalap yang tergabung dalam Thailand Continental Cycling Team menempuh rute Padang-Agam sejauh 144 kilometer dalam waktu 3 jam 52 menit 6 detik.

Sedangkan Jesse Ewart yang hanya finis ke-23 pada etape 4 tetap menjadi pemilik tiga jersey Tour de Singkarak. Dia mempertahankan Yellow Jersey dengan akumulasi waktu 15 jam 51 menit 32 detik. ... Baca halaman selanjutnya