Setelah Terputus Selama 17 Jam, Jalan Pasbar-Pasaman Kembali Bisa Dilalui

"Kendaraan sudah bisa melintas semenjak pukul 14.00 WIB"
Jalan Pasbar-Pasaman kembali bisa dilalui (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Setelah sempat terputus selama 17 jam akibat tertimbun material longsor, jalan Talamau Pasaman Barat-Pasaman akhirnya sudah bisa dilalui kendaraan sekitar pukul 14.00 WIB, Kamis 8 November 2018.

"Selama enam jam petugas gabungan dan di bantu masyarakat bahu membahu menyingkirkan material dan pohon kayu yang menutupi ruas jalan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo, kepada klikpositif di ruang kerjanya, Kamis 8 November 2018 sore.

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan terjadinya longsor di lima titik di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar sejak Rabu 7 November 2018 malam. Diantaranya tiga titik longsor terjadi di Pasanggiang, satu titik di Lobang Japang dan satu titik di Polong Anam. Namun yang terparah terjadi di Pasanggiang.

"Akibat longsor itu jalur Talamau Pasaman Barat-Pasaman terputus selama 17 jam dan antrean panjang kendaraan tidak bisa dihindari dari dua sisi," kata Tri Wahluyo.

"Alhamdullillah, sekarang akses transportasi darat sudah bisa dilewati. Meski demikian, para pengendara harus tetap hati-hati karena jalan masih licin," sambungnya.

Disamping itu Wahluyo mengimbau bagi warga yang tinggal di sekitar arus sungai besar, perbukitan dan pegunungan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, sebab faktor cuaca masih tergolong ekstrem.

[Irfan Pasaribu]