BNNP Sumbar Ajak Kabupaten/Kota Anggarkan Dana Program P4GN

"Program ini khusus pada program pencegahan, memperkenalkan pada masyarakat tentang bahaya narkoba"
Juma pers BNNP Sumbar (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar meminta kabupaten kota menganggarkan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di tahun 2019.

"Saat ini belum merata, ada sebagian yang ada. Belum semuanya memberikan dukungan anggaran. Tergantung kabupaten kotanya. Kita berharap supaya di tahun 2019 itu dianggarkan," ungkap Kepala BNNP Sumbar, Brigjenpol Khasril Arifin, saat press release acara Rapat Evaluasi Pelaksanaan Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba, Rabu 7 November 2018.

Katanya, program P4GN yang dicanangkan Presiden RI, melalui Inpres no. 6 tahun 2018 itu juga ditujukan pada kementerian dan lembaga, seperti TNI dan Polri, dan lembaga setingkat menteri. Yang vertikal dari bawah langsung melaporkan ke kementerian terkait. Yang tidak vertikal, koordinatornya ke Kesbangpol.

"Kemarin itu kita memberikan gambaran itu, sama sama mengadvokasi ada hal yang baru yakni P4GN. Selain itu, juga memberikan informasi jika nantinya pada anggaran Dana Desa, juga akan dimasukkan program P4GN," ungkapnya.

Menurutnya, Kesbangpol Kabupaten Kota yang sudah menganggarkan program diantaranya, Payakumbuh, Sijunjung, dan Padang Pariaman. Dengan program itu diharapkan terwujud masyarakat Sumatera Barat bersih narkoba (Sumbar Bersinar).

"Program ini khusus pada program pencegahan, memperkenalkan pada masyarakat tentang bahaya narkoba ini," jelasnya.

Rapat tersebut dihadiri 30 orang kepala instansi pemerintah dan swasta di Sumatera Barat serta Kepala BNN Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat, dan beberapa pengambil kebijakan di lingkungan Provinsi Sumatera Barat.

[Cecep Jambak]