Seratusan Orang Ikuti Terapi Berhenti Merokok di Aula Kantor Gubernur Sumbar

"Diharapkan kabupaten/kota di Sumbar untuk melakukan hal yang sama"
Terapi berhenti merokok di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (08/11/2018) (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Lebih dari seratus orang dari berbagai kalangan masyarakat mengikuti terapi berhenti merokok secara massal yang diselenggarakan di Aula Kantor Gubernur, Kamis 8 November 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan, dengan adanya terapis yang dilakukan secara massal ini diharapkan bisa menghentikan kebiasaan merokok di tengah masyarakat.

Apalagi, selama ini Dinkes Sumbar terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat bahaya merokok, yang bahayanya itu tidak berdampak sekarang, tapi berdampak untuk jangka panjang.

"Terapi rokok ini kita mengundang semua Kabupaten/Kota. Maka, dengan terapi yang diadakan ini diharapkaan daerah juga melakukan event yang sama, serta mensosialisasikan bahaya rokok ini yang tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain di sekitarnya," katanya.

Selain itu, dirinya juga akan berkoordinasi dengan Satpol PP dalam menerapkan Perda No 5 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok agar penerapannya di lapangan lebih maksimal, baik itu di sekolah, gedung pemerintahan, sarana kesehatan, tempat penitipan anak dan lokasi lainnya.

"Kita akan lakukan aksi dengan Satpol PP. Kita akan razia bersama secara diam-diam," ulasnya.

[Joni Abdul Kasir]