Hari Ketiga Pencarian Korban Hanyut di Pasaman, Seorang Anggota BPBD Terluka

"seorang personel BPBD Pasaman cedera terbawa arus deras saat melakukan pencarian korban dan mendapat perawatan medis di rumah sakit"
Petugas BPBD Pasaman melakukan pencarian orang hanyut. (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Hari ketiga pencarian Johan (35), warga yang hanyut di Batang Sumpur, Sungai Pandahan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman belum membuahkan hasil. Tim terkendala karena faktor cuaca. Bahkan, seorang personel BPBD Pasaman cedera terbawa arus deras saat melakukan pencarian korban dan mendapat perawatan medis di rumah sakit.

"Hingga hari ketiga, korban belum berhasil ditemukan. Seorang anggota kita cedera saat melakukan pencarian, arus sungai begitu deras dan beratnya medan," kata Kepala BPBD Pasaman, Masfet Kenedi pada KLIKPOSITIF, Jumat 9 November 2018.

Menurut Masfet, pencarian Johan dilakukan dengan menyisir Batang Sumpur hingga 6 Kilometer dari tempat pertama dia hanyut. Setidaknya, sekarang tim pencari sudah sampai ke kampung Ampang Gadang, Kecamatan Panti. Tim pencari terdiri dari 8 orang anggota Basarnas dan 18 orang anggota BPBD Pasaman ditambah dengan masyarakat setempat.

Untuk pencarian, alat yang dipergunakan dua unit perahu karet dan peralatan lainnya. "Selain melakukan penyisiran, personel juga melakukan penyelaman ke dasar sungai. Ke dalam sungai sekitar dua meter dan paling parahnya arus sungai yang deras," jelasnya.

Kemudian, faktor cuaca yang tidak mendukung. Hujan terjadi setiap hari di daerah tersebut. Sehingga, air Batang Sumpur keruh dan deras. Namun, tim siang ini akan terus melakukan pencarian dengan penyelaman dan belum ada petunjuk tentang keberadaan korban yang hanyut.

"Apakah tersangkut di dasar Batang Sumpur atau telah hanyut jauh. Ini yang masih menjadi teka-teki bagi kita. Kita berharap korban cepat ditemukan," harapnya.

Dijelaskan Masfet, korban hanyut sekitar pada Rabu 7 November 2018 sekitar pukul 12.00 WIB siang. Korban merupakan seorang pencari pasir di sungai tersebut. Saat ingin menyeberangi sungai dengan mambawa pasir di dalam perahu, diduga perahunya terbalik. Sementara, korban tidak bisa berenang sehingga hanyut terbawa ... Baca halaman selanjutnya