Robot InSight Berhasil Mendarat di Mars dan Kirimkan Foto Pertama

"Robot InSight berhasil mendarat pada pukul 2.53 pm EST atau pukul 2.56 WIB pada tanggal 27 November 2018"
Robot InSight (net)

KLIKPOSITIF -- Robot InSight berhasil mendarat di Mars dengan selamat dan langsung membagikan foto pertamanya di Planet Merah. Wahana antariksa atau sering disebut dengan robot pendarat luar angkasa (InSight Lander) berhasil menginjakkan mesin mereka di Mars beberapa waktu lalu.

Lander masuk sebagai kategori pesawat luar angkasa yang memiliki roket pendaratan kecil. InSight Lander merupakan robot yang dirancang tanpa awak untuk menjalankan misi khusus di planet Mars. Robot InSight berhasil mendarat pada pukul 2.53 pm EST atau pukul 2.56 WIB pada tanggal 27 November 2018.

Beberapa menit setalah pendaratan, InSight mengirim gambar pertamanya ke Bumi melalui dua satelit mini (Marco-A dan B). Gambar yang dikirim menunjukkan wilayah Mars yang dikenal sebagai Elysium Planitia. Di wilayah tersebut, InSight akan menjalankan misi khusus yaitu, mempelajari bagian dalam planet Mars.

Robot InSight mendarat saat Mars memasuki waktu sore. Gambar sebagian dikaburkan oleh penutup debu, dengan puing-puing yang yang masih terlihat selama pendaratan roket. Lander akan segera melepas penutup debu ini, memungkinkan gambar yang lebih jelas untuk diambil dari permukaan.

Kamu sebaiknya terbiasa dengan pemandangan yang agak ''aneh'' ini. Meski aneh, itu merupakan hal yang normal karena Lander InSight tidak akan keliling planet Mars. Lander InSight merupakan Lander stasioner yang dirancang untuk melihat bagian dalam planet Mars.

Misi khusus InSight akan mencari tahu bagaimana planet ini terbentuk dan berevolusi. Lander akan mencoba menggali bagian dalam Mars sehingga kamu tidak akan menikmati banyak foto saat ia berada di permukaan Mars. Dikutip dari IFLScience, misi akan dilakukan dalam beberapa cara. Salah satu instrumen akan mengebor apa yang disebut ''mol''.

Pengeboran akan membaca suhu hingga kedalaman 16 kaki atau 4,8 meter. Pembacaan suhu akan memberi tahu kita seberapa aktif inti Mars yang masih berlangsung. ... Baca halaman selanjutnya