Satelit LinkSure Mengorbit, Masyarakat Dunia Akan Nikmati Internet Gratis

"Sampai saat ini, terdata bahwa sekitar 3,9 miliar orang belum bisa mengakses internet, demikian menurut laporan dari PBB pada 2017."
Ilustrasi (Shutterstock)

KLIKPOSITIF -- LinkSure Swarm Constellation System, sebuah perusahaan internet Negeri Tirai Bambu atau Cina bersiap menyiapkan internet gratis atau cuma-cuma, sehingga setiap orang bisa menggunakan ponsel dan teknologi lain di mana-mana tanpa biaya.

Hal ini bisa terjadi dengan melakukan instalasi 272 satelit di angkasa, semuanya terletak di orbit yang berbeda untuk memaksimalkan jangkauan internet global.

Satelit pertama yang akan masuk orbit diresmikan minggu lalu. Peluncurannya sendiri akan dilakukan di kawasan Cina barat laut pada 2019, dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan dekat Beijing, ibu kota Cina.

Pada 2020, bakal ada 10 satelit tambahannya di angkasa, kemudian akan bertambah dengan 261 satelit lagi pada 2026.

LinkSure Network yang melakukan projek ini berasal Shanghai dan perusahaan itu hadir sejak 2013. Mereka memasarkan diri sebagai perusahaan internet seluler inovatif global yang mengkhususkan pada bidang akses internet gratis, konten, dan layanan berbasis lokasi di situs web resminya.

Sampai saat ini, terdata bahwa sekitar 3,9 miliar orang belum bisa mengakses internet, demikian menurut laporan dari PBB pada 2017.

"Jaringan darat internet yang bergantung pada stasiun, memiliki keterbatasan misalnya, cuaca dan bentuk lahan," kata An Yang, ilmuwan proyek satelit LinkSure, kepada Chinadaily.com.cn.

Dia bertutur, "Masa depan sektor komunikasi harus merupakan kombinasi antara ruang dan tanah."

Program penyediaan internet tanpa bayar ini adalah senilai 3 miliar Yuan, atau sekitar Rp 6 triliun, kata CEO LinkSure, Wang Jingying.

Meski Google, SpaceX dan Facebook sudah memiliki ide serupa, akan tetapi LinkSure adalah yang perdana dalam meresmikan rencana wi-fi gratis. Amellia Wood. (*)