Padang Rumput Tarusan Kamang Kembali Jadi Danau

"Sebelumnya, danau ini mengering selama 2 tahun"
Warga melintas di sekitaran Danau Tarusan Kamang (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Objek wisata Danau Tarusan yang terletak di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Agam-Sumbar perlahan mulai terisi air dan berubah menjadi danau.

Sebelumnya, danau ini mengering selama 2 tahun dan berbentuk menjadi padang rumput sehingga ditinggalkan wisatawan.

Sejak sebukan terakhir, airnya kembali penuh dan mulai minat wisatawan dari berbagai daerah.

"Sudah sebulan airnya naik, sebelumnya 2 tahun lalu menyusut hingga kering," kata salah seorang tokoh masyarakat setempat, Mak Yan (80) pada KLIKPOSITIF, Sabtu 15 Desember 2018.

Ia mengatakan, sudah menjadi karakter Tarusan berair atau menyusut. Bahkan seingatnya, Tarusan pernah kering selama 5 tahun, lalu berair lagi dalam jangka 5 tahun.

"Tak ada yang bisa memprediksi kapan berair atau menyusut, bisa setahun, dua tahun atau sesuka hatinya. Ini keistimewaan Tarusan," ungkapnya.

Saat Tarusan dipenuhi air seperti saat ini, warga lokal yang sebelumnya berprofesi sebagai petani, langsung berubah menjadi nelayan dengan memancing atau menjala ikan yang ada di danau yang punya panjang 1000 meter dan lebar 300 meter itu.

"Ikan-ikannya entah darimana datangnya, sudah ada saja saat airnya penuh. Segala ikan air tawar ada di sini,"ujarnya.

Diketahui, objek ini merupakan bekas danau geologi yang terbentuk sejak zaman dahulu kala. Secara administratif, berada di Jorong Halalang dan Jorong Babukik yang bisa ditempuh kendaraan roda dua atau empat dari Bukittinggi dengan jarak 20 Kilometer.

Di sini, pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan Tarusan  yang berlokasi di kaki Bukit Barisan yang menjadi sumber mata air dari danau aneh ini.

[Hatta Rizal]