47 Raja se-Nusantara Akan Hadir di Festival Keraton Nusantara Batusangkar

"Festival Keraton Nusantara nantinya akan masuk ke dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Budaya Minangkabau."
Ilustrasi (Ist)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Festival Keraton Nusantara XII yang akan digelar di Kabupaten Tanah Datar menghadirkan 47 raja se-Nusantara.

"Hingga saat ini, sudah separuh yang mengkonfirmasi akan hadir," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar, Abdul Hakim.

Ia mengatakan Festival Keraton Nusantara nantinya akan masuk ke dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Budaya Minangkabau.

Para raja se-Nusantara diprediksi juga akan membawa penggiring sebanyak 30 hingga 40 orang. Sehingga diprediksi ribuan orang akan hadir di acara ini. "Kita siap mensukseskan acara ini," ujarnya.

Salah satu agenda yang akan diikuti raja nusantara ini adalah kirab budaya, yang rencananya akan digelar di kawasan Pasar Batusangkar, 29 November.

Festival Keraton Nusantara atau FKN adalah sebuah pameran tahunan di Indonesia yang diikuti oleh berbagai kerajaan di seluruh Nusantara. Pameran tersebut biasanya menampilkan pakaian adat beserta senjata dari berbagai kerajaan tersebut disamping juga pameran budaya dan seni. (*)