Meriahkan Hari Jadi Pasaman Barat, Ratusan Sepeda Ontel Penuhi Jalan

"Ada lebih dari 200 sepeda ontel antik yang ikut konvoi"
Ratusan pemilik sepeda ontel menggelar konvoi di Pasbar dalam rangka HUT Pasbar ke-15. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Ratusan penggemar sepeda ontel Kabupaten Pasaman Barat melakukan konvoi keliling dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat yang ke-15, Minggu 6 Januari 2019.

"Konvoi sepeda antik ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat yang ke-15," kata Ketua Komunitas Sepeda Ontel Sumber Agung, Jasram.

Dia menyebut, para penggemar sepeda kuno yang bergabung dalam konvoi ini berasal dari dua komunitas sepeda ontel yang ada di Kecamatan Kinali, yakni Komunitas Sepeda Ontel Koja dan Komunitas Sepeda Ontel Sumber Agung.

"Ada lebih dari 200 sepeda ontel antik yang ikut konvoi," sebutnya.

Dia berharap semoga di Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat berikutnya, seluruh Komunitas sepeda ontel se-Pasaman Barat dapat bergabung memeriahkan HUT Pasaman Barat ini di tahun yang akan datang nantinya.

"Selain menunjukkan rasa cinta dan bangga menjadi warga Pasaman Barat juga menjadi ajang mempererat silaturahmi dengan komunitas sepeda lainnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat," harap Jasram.

Kembali dijelaskan Jasram, merk sepeda antik yang dipakai antara lain Batavus, Simplex, Humber, Raleigh, Fongres, Gazelle dan BSA. Para pemakai sepeda antik rata-rata tidak mengetahui tahun berapa pembuatan sepeda itu. Mereka hanya mengira-ngira tahun 1927 sampai 1945.

Komunitas sepeda kuno di Kabupaten Pasaman Barat ini sudah terbentuk sejak beberapa tahun yang lalu. "Kami tidak menutup diri siapa saja yang mau bergabung silahkan saja, dimana intinya mereka ini dapat mencintai sepeda kuno dari zaman penjajahan," jelasnya.

Usai menikmati acara di Pasaman Barat Expo yang digelar di halaman Kantor Bupati, mereka kemudian mengayuh sepeda ontelnya bersama-sama untuk berkonvoi melewati Jalan Lintas Simpang Empat-Manggopoh. Rombongan sempat menarik perhatian warga sepanjang jalan tersebut.

[Irfan Pasaribu]