Aggaran Dana Desa di Kabupaten Solok Bertambah Rp11,4 Miliar

"Anggaran dana desa untuk Kabupaten Solok tahun anggaran 2019 capai Rp74.3 miliar"
Kepala DPMN Kabupaten Solok, Medison (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Setelah sempat turun pada 2018, alokasi dana desa untuk Kabupaten Solok tahun anggaran 2019 kembali mengalami kenaikan dari Rp62.9 miliar pada 2018 menjadi Rp74.3 miliar pada 2019. Ini berarti, terjadi penambahan sebanyak Rp11,4 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN), Medison menyebut kenaikan tersebut nyaris menyeluruh pada kabupaten di Indonesia, seiring dengan keputusan pemerintah pusat yang menaikkan anggaran Dana Desa dari Rp60 triliun tahun lalu menjadi Rp70 triliun tahun ini.

Sementara untuk teknis pencairan masih sama dengan tahun sebelumnya, di mana akan diberikan kepada nagari penerima dalam tiga tahap penyaluran. Sedangkan untuk pemakaian Dana Desa tergantung dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) nagari..

Kemudian, terkait pemakaian dana desa, menurut Medison, Kabupaten Solok mulai tahun 2017 lalu sudah menerapkan transparansi keuangan sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan efisien.

"Pemerintah nagari telah menyadari dan melakunnya dengan mengumumkan keuangan secara transparan sehingga menimbulkan kepercayaan di masyarakat dan menekan kemungkinan terjadi penyelewengan," sebut Medison.

Transparansi keuangan merupakan langkah paling vital untuk mencegah kecurigaan dari masyarakat, sebab melalui transparansi itu perkembangan keuangan pemerintahan nagari itu dapat dipantau.

Dan masyarakat memang berhak mengetahuinya karena masyarakatlah sebagai pengawas, karena dinas hanya bisa memberikan saran dan konsultasi, semua program kegiatan yang dijalankan harus melalui Musrenbang Nagari.

Diakui Medison, Pemanfaatan Dana Desa selama periode 2015-2018 lebih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, drainase, irigasi, embung, dan lainnya.

Namun demikian, masyarakat nagari menilai masih belum merasakan manfaat besar yang didapatkan dari pelaksanaan pembangunan desa ... Baca halaman selanjutnya