Terungkap, Ini Penyebab Amblasnya Jalan di Malalak

"Di bawahnya ada saluran irigasi yang melintasi jalan, kebetulan kemarin airnya deras sehingga merusak kontruksi bawah dari jalan"
Bagian jalan yang amlas di Malalak (KLIKPOSITIF/ Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Jalan amblas di Jorong Bukik Malanca, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Agam, Sumbar pada Senin sekitar pukul 11.00 WIB, 7 Januari 2018 menyita perhatian. Sebab jalan ini mendadak amblas pada bagian tengah tanpa diketahui penyebabnya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Dirlantas Polda Sumbar bersama instansi terkait lainnya, diketahui penyebab amblasnya jalan Sicincin-Malalak-Balingka tersebut.

"Di bawahnya ada saluran irigasi yang melintasi jalan, kebetulan kemarin airnya deras sehingga merusak kontruksi bawah dari jalan," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Sumbar AKBP Sri Wibowo, Selasa 8 Januari 2018.

Ia mengatakan, arus air yang deras kemudian menciptakan rongga besar sehingga jalan dinyatakan berbahaya untuk dilewati.

"Jalan yang berongga sudah kita beri pembatas, mobil dibawah 8 ton masih bisa lewat, sebab masih ada jalan tersisa di sebelah kiri selebar 4,5 meter,"ungkapnya.

Diameter jalan amblas, tampak dari atas hanya 1 meter namun punya kedalaman mencapai 10 meter dengan besaran rongga pada bagian kanan jalan yang diperkirakan lebih dari 5 meter.

Lokasi jalan amblas ini berada tak jauh dari Kantor Camat Malalak, disebuah lokasi yang disebut dengan nama Lambeh. Tak ada pemukiman warga di sini. Sementara di sisi kiri, berdiri sebuah tebing besar yang di kakinya mengalir sebuah aliran air yang kemudian melintasi jalan. Di sisi kanan, terdapat jurang yang lumayan curam. [Hatta Rizal]