Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Global Melambat Tahun Ini

" karena meningkatnya ketegangan perdagangan dan moderasi perdagangan internasional."
Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat menjadi 2,9 persen pada 2019 (net)

KLIKPOSITIF - Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat menjadi 2,9 persen pada 2019 dibandingkan dengan 3 persen pada 2018. Bank Dunia mengatakan hal itu karena meningkatnya ketegangan perdagangan dan moderasi perdagangan internasional.

"Pada awal tahun 2018 ekonomi global menembaki semua silinder, tetapi kehilangan kecepatan selama tahun ini dan perjalanan itu bisa semakin memburuk di tahun mendatang," kata Kepala Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva laporan semi-tahunan Global Economic Prospek.

Prospek Bank Dunia muncul ketika Amerika Serikat dan China terlibat dalam perselisihan perdagangan yang pahit sehingga menyentak pasar keuangan di seluruh dunia selama berbulan-bulan. Kedua ekonomi telah memberlakukan kewajiban pada barang masing-masing, meskipun ada tanda-tanda kemajuan ketika kedua negara bersiap memasuki pembicaraan hari ketiga di Beijing, Selasa (8/1).

Pertumbuhan di Amerika Serikat kemungkinan akan melambat menjadi 2,5 persen tahun ini dari 2,9 persen pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh 6,2 persen pada tahun ini dibandingkan dengan 6,5 persen pada 2018.

Dilansir dari laman reuters, Bank Dunia mengatakan ekonomi pasar berkembang diperkirakan tumbuh pada 4,2 persen tahun ini, dengan ekonomi maju diperkirakan tumbuh pada 2 persen.