Tahun Ajaran 2019/2020, Pemkab Pessel Sediakan Seragam dan Buku Gratis bagi Siswa Baru

"Yang baru masuk SD dan SMP kita gratiskan baju dan kebutuhan lainnya"
Bupati Pessel. Hendrajoni (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan menyediakan seragam dan buku gratis bagi siswa baru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ini. Hal ini dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Menurutnya, program tersebut akan mulai direalisasikan untuk tahun ajaran baru 2019/2020. "Yang baru masuk SD dan SMP kita gratiskan baju dan kebutuhan lainnya. Ini sudah disepakati oleh DPRD, tahun ini (2019) akan kita mulai," sebut Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni kepada KLIKPOSITIF di Painan.

Dia menjelaskan, terobosan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Pessel terhadap pendidikan. Sebab, kebutuhan seragam dan buku sekolah menjadi yang pokok terhadap siswa untuk bisa masuk sekolah.

"Kita programkan untuk meringankan pengeluaran biaya orangtua siswa, terutama dari keluarga miskin. Karena selama ini banyak kesulitan ketika masuk tahun ajaran baru," jelasnya.

Selain itu, pada tahun ini Pemkab Pessel juga menjalin kerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) membuat sekolah model untuk SMP. Dimana anggaran sekitar Rp2,6 miliar akan digelontorkan untuk peningkatan mutu pendidikan melalui sekolah model tersebut.

"Tidak ada lagi alasan biaya, untuk SD dan SMP jika ingin masuk sekolah gratis. Jadi, kita ingin program ini bisa meningkatkan lagi mutu pendidikan sebagai gerak dalam kemajuan daerah," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]