DLH Padang : Satu Orang Hasilkan 0,6 Ons Sampah Per Hari

"Jumlah sampah yang dipungut oleh DLH dalam sehari yang dibuang ke TPA berjumlah 500 ton"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Deni Harzandy mengatakan, pihaknya memprediksi jumlah sampah yang dibuang oleh masyarakat Kota Padang sebanyak 0,6 hingga 0,8 ons per hari untuk satu orang.

"Logika sederhananya, setiap satu orang bayi lahir akan menghasilkan sampah berupa popok yang beratnya kurang lebih satu ons," ujarnya kepada awak media, Kamis 10 Januari 2019.

Secara keseluruhan, ia memperkirakan sampah yang berasal  dari seluruh warga di Padang dalam sehari berjumlah 612 ton. Tapi tidak semua sampah dibuang oleh warga, karena jumlah sampah yang dipungut oleh DLH dalam sehari yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya berjumlah 500 ton.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena masyarakat Kota Padang yang sudah mulai cerdas dalam memilah sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak.

"Setiap anggota kebersihan dari DLH yang melakukan pemungutan di tempat pembuangan kami sarankan untuk mengedukasi masyarakat terkait sampah ini," lanjutnya.

Dengan begitu, tumpukan sampah di Kota Padang diharapkan akan berkurang dan masyarakat semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi.

[Halbert Caniago]