Realisasi PKH 2018 di Sumbar Lebih Dari Rp349 Miliar

"PKH merupakan bantuan pusat yang penyalurannya langsung ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM)"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Sosial Sumatera Barat (Sumbar) Abdul Gafar menyampaikan realisasi Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Sumbar tahun 2018 Rp 349 Miliar lebih.

"Informasinya tahun ini naik, tapi kamu belum menerima laporan yang valid dari program pusat ini," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat 12 Januari 2019 di Padang.

Menurut Gafar, PKH merupakan bantuan pusat yang penyalurannya langsung ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pengerjaan langsung dari pusat dan daerah hanya sebagai penerima saja.

"Bantuannya dikerjakan langsung oleh pusat, kita di provinsi sifatnya hanya menerima. Mereka sudah punya data kemiskinan tersendiri," ujarnya.

Dilanjutkannya, penyaluran PKH ini dilakukan oleh tiga bank penyalur yakni BRI, BNI dan Bank Mandiri. Masyarakat yang berhak mendapatkan PKH adalah mereka yang tergolong miskin, kemudian lanjut usia dan penyandang disabilitas.

"Penyaluran langsung ke rekening KPM," tukasnya.

Sebelumnya, saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Dharmasraya pada 7 Februari 2018 lalu, orang nomor satu di Indonesia tersebut sudah mewanti-wanti bahwa penyaluran KIP dan PKH harus tepat sasaran.

Dana PKH dan KIP tersebut hanya boleh digunakan untuk biaya pendidikan dan peningkatan gizi anak. Di luar itu, dana PKH dan KIP tak boleh dipergunakan, apalagi untuk beli rokok.

[Joni Abdul Kasir]