Pemkab Agam Siapkan 2 Juta Bibit Ikan Gratis Tahun Ini

"Bibit ini merupakan pengadaan tahun 2019 dan hasil pemijahan dari Balai Benih Ikan milik DPKP Agam"
Pelepasan bibit ikan di kolam masyarakat (AMC)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, targetkan dua juta ekor bibit ikan tersebar kepada masyarakat daerah itu pada 2019.

Kepala DPKP Agam, Ermanto, di Lubuk Basung, Jum'at (11/1) mengatakan, dari jumlah bibit ikan yang ditargetkan masing-masing jenis lele sebanyak 40 ribu ekor, gurami 40 ribu ekor, koi 20 ribu ekor dan nila 1.900.000 ekor.

"Bibit ini merupakan pengadaan tahun 2019 dan hasil pemijahan dari Balai Benih Ikan milik DPKP Agam," sebutnya.

Dikatakan, bibit ikan nila dan koi akan ditebar ke lubuk larangan, sedangkan lele dan gurami ditebar ke kolam milik kelompok pembudidaya ikan.

Untuk bisa mendapatkan bibit ikan gratis ini, masyarakat dan kelompok pembudidaya ikan sebelumnya harus mengajukan permohonan kepada DPKP.

"Khusus kelompok yang akan mendapatkan bantuan bibit ikan gurami dan lele, mereka juga kita bantu pakan ikan," katanya.

Ermanto mengatakan, penebaran bibit ikan dilaksanakan setiap tahun. Pada 2018 pihaknya telah menebar 857.500 ekor bibit ikan nila, koi, lele dan gurami dengan tujuan mengaktifkan kembali lubuk larangan dan kolam masyarakat.

"Selain itu juga dapat meningkatkan produksi ikan air tawar yang beberapa tahun belakangan terjadi penurunan akibat tercemarnya air Danau Maninjau," ujarnya. (rel)