Tangkal Hoaks, Polsek Talawi Sawahlunto Sosialisasikan UU ITE

"Sosialisasi disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Talawi, Aipda Asri Joni di Desa Talawi Mudik, Kecamatan Talawi"
Sosialisasi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik Kepada Masyarakat. (ist)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Maraknya ujaran kebencian dan hoaks di media sosial menjelang Pemilu serentak 2019, Kepolisian Sektor (Polsek) Talawi, Kota Sawahlunto menggelar sosialisasi Undang-undang informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Sosialisasi disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Talawi, Aipda Asri Joni di Desa Talawi Mudik, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto

Kapolsek Talawi, AKP Hendri Nursin mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mewaspadai serta tidak menelan mentah-mentah setiap informasi yang ada di media sosial. Kemudian kami sosialisasikan juga jeratan hukum bagi yang melanggar UU ITE tersebut.

Dijelaskannya, masyarakat harus cerdas, selektif dan bijak dalam menerima informasi yang beredar, khususnya dari media sosial, yang bisa saja informasi tersebut hoaks.

"Terlebih lagi jelang Pemilu serentak yang sebentar lagi digelar, bisa saja informasi itu untuk menguntungkan seseorang atau pasangan calon yang akan bertarung di ajang Pileg dan Pilpres," katanya di Sawahlunto, Sabtu 12 Januari 2019.

"Sosialisasi ini akan terus kami lakukan. Kami menginginkan dalam Pemilu serentak mendatang, demi terwujudnya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," sambungnya.

Selain itu, juga diharapkan bagi seluruh pengguna dan pemilik ponsel pintar untuk tidak terperdaya dan terpengaruh oleh berita politik yang negatif dan cenderung memecah belah.

“Untuk itu, kami mengimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi berita bohong dari media sosial. Ciptakan suasana kondusif, jalin dan bangun kerja sama Polri dengan masyarakat menuju Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk," tuturnya.

[Muhammad Haikal]