Percantik Janjang Pasanggrahan, Mahasiswa STIE HAS Bukittinggi Buat Mural dan Lukisan

"Aksi ini dilakukan sejak Selasa-Sabtu, 8-12 Januari 2019 dengan melibatkan lebih dari 50 mahasiswa."
kawasan Janjang Pasanggrahan yang diwarnai oleh mahasiswa di Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF--Puluhan Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim (STIE) Bukittinggi melakukan aksi sosial dengan mewarnai Janjang Pasanggrahan yang terletak di Kelurahan Benteng Pasa Ateh, Kecamatan Guguak Panjang. Aksi ini dilakukan sejak Selasa-Sabtu, 8-12 Januari 2019 dengan melibatkan lebih dari 50 mahasiswa.

Rezki Putra, salah satu perwakilan Mahasiswa mengatakan, kegiatan ini dilakukan demi mempercantik Janjang Pesanggrahan yang merupakansalah satu akses penghubung antara Kampuang Cino dan Pasa Ateh.

"Kita lakukan sejak pagi hingga sore hari, semuanya terlibat dalam proses pengecatan. Yang kita cat, dinding atau tembok rumah yang menghadap ke Janjang, kita ingin ini indah dan menjadi kampung warna-warni,"ujarnya.

Dalam melakukan proses pengecetan, Mahasiswa melakukan dengan swadaya dan bantuan cat dari sponsor Nippon Paint lewat lukisan mural dan tiga dimensi di sepanjang tangga yang dibanun sejak 1908 masehi oleh Pemerintah Belanda.

"Lokasinya kita pilih di sini karena berdekatan dengan kampus, aksi ini didukung penuh oleh pihak Kelurahan Benteng Pasa Ateh," kata Rezki.

Pantauan KLIKPOSITIF, mahasiswa mulai melakukan aksi pengecatan dari arah bawah hingga ke puncak tangga yang punya panjang lebih dari 50 meter itu. Yang jadi sasaran, memang hanya dinding, tembok, atau pagar rumah warga yang menghadap ke tangga, sementara bagian lantai, tidak bisa di cat karena materialnya terbuat dari batu alam.

Mahasiswa mengecatnya penuh suka cita dengan warna terang mencolok sehingga tampak memikat. Janjang Pesanggarahan, bersama Janjang penghubung lainnya di Bukittinggi, sejak beberapa bulan terakhir telah selesai direnovasi oleh Pemko dengan mengganti lampu penerangan maupun bagian lantainya.

Hatta Rizal