BKSDA Agam Pantau Buaya Bertelur di Kebun Warga

"Buaya berukuran 4 meter itu ditemukan sejak 4 Januari lalu"
Buaya Muara atau crocodylus porosus (net)

AGAM,KLIKPOSITIF--Seekor buaya muara (crocodylus porosus) dilaporkan bertelur di kebun warga di Ujuang Labuang, Nagaru Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam-Sumbar. Buaya berukuran 4 meter itu ditemukan sejak 4 Januari 2019, di lokasi yang dekat dengan aliran Batang Masang.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam Ade Putra menyebut, keberadaan hewan besar ini tengah dipantau intensif. "Dari pantauan, buaya tersebut sedang menunggui telurnya. Kita melihatnya dari tanda-tanda tumpukan sarang dan musim perkembangbiakannya biasanya Januari-Juni,"ungkap Ade, Sabtu 12 Januari 2018.

Menurut Ade, dilokasi ini pada tahun lalu juga dijumpai satwa buaya yang bertelur, namun karena mengalami kekeringan air, BKSDA mengevakuasi telur tersebut ke sungai tempat asal buaya tersebut berada.

"Berdasarkan prilaku dan kebiasaan, buaya bertelur mencapai jumlah 60 butir dan menetas dalam waktu 80-100 hari, selama itu ia akan tetap menunggui telurnya,"sambung Ade.

Ia mengatakan, demi alasan keamanan, BKSDA di lokasi telah memasang batas pengaman dan rambu-rambu larangan agar tak mendekati satwa. Sementara, pihak BKSDA akan terus memantau perkembangan reptil bertubuh besar ini. Biasanya, saat musim bertelur atau kawin, buaya akan lebih agresif sehingga warga diminta tak mendekati apalagi mengganggunya.

Hatta Rizal