Sering Buat Masalah, Hotel Canggih di Jepang Ini Pecat Ratusan Robotnya

"Diketahui hingga kini pihak hotel tersebut memberhentikan setengah dari 243 robot yang dimiliki di hotel"
Hotel Henna-na, Jepang. (net)

KLIKPOSITIF -- Hotel Henna-na di Pulau Kyushu Jepang ini dikenal unik karena memiliki staf yang hampir 90 persennya merupakan robot. Mulai dari resepsionis, porter hingga pelayan, semuanya merupakan robot pintar yang sudah dilengkapi dengan artificial intelligence (AI) dan dapat berinteraksi denganmu.

Namun, nyatanya hotel Henna-na ini mengalami kesulitan memperkerjakan robot-robotnya. Diketahui hingga kini pihak hotel tersebut memberhentikan setengah dari 243 robot yang dimiliki di hotel. Menurut pihak hotel Henna-na, bukannya membantu pekerjaan manusia namun robot-robot tersebut menciptakan lebih banyak masalah.

Seperti yang dilaporkan The Wall Street Journal dan dikutip di laman The Verge, layanan yang diberhentikan adalah boneka yang ada di setiap kamaer hotel yang diberi mana Churi. Boneka Churi ini awalnya digunakan untuk tamu hotel mempertanyakan banyak hal seperti Siri, Google Assistant dan Alexa.

Tapi, Chuiri tak bisa menjawab pertanyaan sederhana tamu seperti "jam berapa taman buka?" atau yang lainnya. Dua robot Velociraptor yang diposisikan pada saat check in juga dinonaktifkan karena pekerjaan mereka harusnya dilakukan manusia seperti memfotokopi paspor tamu secara manual.

Begitupun dengan robot pembawa bagasi yang hanya bisa mencapai 24 dari 100 kamar hotel dan sering gagal dalam hujan ataupun salju. Selain itu, robot concierge utama hotel juga tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan tentang jadwal penerbangan dan tempat-tempat wisata terdekat pada tamu

Sejak kejadian tersebut, hotel memilih robot tersebut digantikan dengan manusia. Meski sudah beroperasi lama, tapi pihak hotel merasa akan memecat mereka daripada menggantinya dengan robot baru.

Hingga kini pekerjaan robot di hotel tersebut digantikan oleh manusia. Pihak Hotel Henna-na sendiri mengakui bahwa hotelnya tersebut masih jauh dari kata hotel yang sepenuhnya bekerja dengan otomatis karena adanya robot. ... Baca halaman selanjutnya