Jaringan Palapa Ring Tengah Diprediksi Bisa Hasilkan Jaringan 4G Hingga 30 Mbps

"Pembangunan Palapa Ring dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP)"
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memantau perkembangan pembangunan jaringan Palapa Ring Tengah di Kota Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jumat (18/01).

Pemantauan tersebut dilakukan bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara. Proses tersebut dilakukannya dengan pengujian jaringan internet yang sudah terhubung dengan jaringan serat optik Palapa Ring Tengah.

Ia mengatakan skema pembiayaan dari proyek infrastruktur yang bernilai Rp1,38 Triliun ini, yang memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.

"Untuk membangun ini kita menggunakan dengan instrumen fiskal yang bervariasi. Sebagai bukti kita membangun tidak menggunakan APBN atau utang," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan Palapa Ring dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP).

Pembiayaan diterapkan dengan skema availability payment, memungkinkan pemerintah memulai pembayaran penggantian modal yang ditanamkan investor setelah proyek beroperasi.

Dimana, kata dia, pemerintah menggunakan dana universal service obligation (USO) untuk operasional Palapa Ring. Dana USO merupakan dana kontribusi perusahaan telekomunikasi dengan bobot 1,25% setiap kuartalnya.

"Jumlah penjaminan proyek ini sekitar Rp1,38 triliun untuk 15 tahun melalui PT Penjaminan Infrastruktur, untuk kepastian pembayaran, kita bisa menarik swasta untuk ikut mendanai. Sehingga kita tidak perlu menunggu katakanlah 15 tahun untuk mendanai dengan APBN," jelas dia.

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara mengatakan bahwa proyek telekomunikasi tersebut merupakan bypass dari peningkatan jaringan.

"Palapa ring membangun jaringan, ibaratnya seperti jalan tol untuk internet. Kalau kita punya tol laut, tol darat ini tol langit," papar dia.

"Internet ini untuk masyarakat internet yang ... Baca halaman selanjutnya