Yusril Ihza Mahendra Dukung Jokowi-Ma’ruf, Caleg PBB Kota Payakumbuh Kecewa

"Tidak akan ada sanksi terhadap caleg yang tidak mengikuti arahan partai"
Yusril Ihza Mahendra (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dukungan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra terhadap Calon Presiden 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin memunculkan kekecewaan bagi calon legislatif (caleg) PBB yang akan bertarung pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024.

Salah satu caleg Caleg DPRD Payakumbuh Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Payakumbuh Barat, Muhandi Andi Torang mengutarakan kekecewaannya atas pilihan Yusril Ihza Mahendra yang merapat ke barisan pendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Iya, kita kecewa dengan sikap partai karena telah mendukung capres 01, sebab dari awal komitmen dukung capres nomor 02. Saya merasa ditipu. Untuk mundur dari Pencalegan tentu saya tidak bisa, namun saya akan tiarap dan akan mendukung partai lain sesuai dengan Itjma ulama," sebut Muhandi, Senin 28 Januari 2019.

Penggiat sosial yang akrab dipanggil Andi Torang itu menjelaskan maksud tiarap adalah ia tidak lagi mempromosikan diri dan tidak berkampanye untuk meraih suara dalam Pileg 2019 ini.

“Untuk mundur (dari caleg) saya tidak bisa karena terikat undang-undang. Tapi saya tidak akan mempromosikan diri lagi dan tidak ikut kampanye untuk partai. Ke depan saya akan mengarahkan dukungan suara ke partai lain yang mengikuti hasil ijtima ulama,” lanjutnya,

Sementara itu, Ketua DPC Kota Payakumbuh, Nasrul Tuanku Baringin menyebut, secara kepartaian PBB Kota Payakumbuh mengikuti arahan dari pusat, yaitu mendukung pasangan capres 01 Jokowi -Ma’ruf Amin.

“Pada prinsipnya kita tentu nanti akan kita konsolidasikan ke lapangan terlebih dahulu. Untuk PBB Payakumbuh kami mengikuti arahan pusat. Karena secara partai kami satu komando,” katanya kepada KLIKPOSITIF, Senin sore.

Lebih lanjut, ia menyebut tidak akan ada sanksi terhadap caleg yang tidak mengikuti arahan partai. 

[Taufik Hidayat Kampai]