Pemprov Sumbar Akan Sediakan Info Kebencanaan dan Pariwisata dalam Satu Aplikasi

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan menyediakan aplikasi kesiapsiagaan bencana agar masyarakat tahu apa yang akan mereka lakukan saat terjadi bencana gempa dan tsunami.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengaku akan mengintruksikan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumbar untuk membuat semacam aplikasi yang bisa terhubung ke handphone masyarakat yang berada di daerah itu.

"Kita inginnya informasi kebencanan menyebar dan satu arah kepada masyarakat di daerah bencana ini. Begitu juga untuk pengunjung atau wisatawan, mereka begitu sampai di BIM langsung dapat informasi kebencanan," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Minggu 10 Februari 2019.

Baca Juga

Dilanjutkannya, dari aplikasi tersebut, masyarakat tahu apa yang akan mereka lakukan saat gempa atau tsunami terjadi, kemana mereka lari, jalur evakuasi, lokasi shelter dan titik aman tsunami.

"Dalam aplikasi ini nanti juga bisa digabungkan antara info bencana dengan info pariwisata. Jadi bisa untuk mencari destinasi wisata, sebagai contoh wisata ke Mentawai jalurnya kesini, Mandeh kesini pula dan bila terjadi bencana di lokasi kemana harus evakuasi," terang Nasrul Abit.

Mantan Bupati Pesisir Selatan itu menyebutkan, saat ini belum banyak masyarakat mengetahui apa yang mereka lakukan saat gempa dan tsunami, sebab rambu evakuasi terbatas dan edukasi kebencanaan juga masih terbatas.

Menurut para ahli gempa dan tsunami jika Megathrust Mentawai lepas bisa memicu gempa 8,8 Skala Richter dan tsunami lebih dari 10 meter mengancam Kota Padang.

"Agar masyarakat ramah bencana saya sudah perintahkan BPBD membuat SOP dan siaga 24 jam. Bencana tidak menunggu kita siap dulu, tapi kita harus siap dengan bencana," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R | Editor: -