Pemerintah Pasang Target 2,1 Juta Unit Sepeda Motor Listrik

"rencananya 2,1 juta unit sepeda motor listrik akan diproduksi pada 2025"
Motor listrik Gesit (net)

KLIKPOSITIF-Pemerintah menargetkan peningkatan populasi kendaraan bertenaga listrik atau hybrid dalam beberapa tahun ke depan. Terhitung pada 2025 rencananya akan diproduksi 2.200 unit mobil listrik dan 2,1 juta unit sepeda motor listrik .

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan kendaraan listrik akan menjadi salah satu faktor yang bakal mempengaruhi tatanan perekonomian di masa depan. Masuknya motor listrik dan Energi Baru Terbarukan (EBT) tercermin dari makin meningkatnya nilai investasi yang masuk dari tahun ke tahun.

Pada 2017 nilai investasi EBT sebesar 1,34 miliar dolar AS. Kemudian naik lagi pada 2018, 1,6 miliar dolar As. "Sektor EBT ini makin lama makin meningkat," tegas Jonan dilansir dari Suara.com.

Meningkatnya investasi tersebut tak lepas dari adanya penandatanganan 74 kontrak Power Purchase Agreement (PPA) dengan kapasitas pembangkit sebesar 1.576 Mega Watt (MW) yang terjadi sejak 2017 hingga 2018.

Pemerintah pun gencar membangun pembangkit listrik berbasis EBT dan ekspansi penggunaan motor listrik demi menjawab tantangan global dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan domestik. Pada 2019 pemerintah menargetkan nilai investasi 1,9 miliar dolar AS dari sektor EBTKE.

Terkait kendaraan listrik, komitmen Pemerintah Indonesia adalah dengan mendatangkan teknologi EV dan menuangkannya dalam Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Pemerintah juga sedang merancang Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik untuk Transportasi Jalan.