Pemilu Semakin Dekat, Kapolres Payakumbuh Ingatkan Jajarannya Terkait Hal Ini

"Personil kepolisian harus bersikap arif di tengah-tengah masyarakat"
Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrastiawan Setyowibowo (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pemilu serentak 2019, Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrastiawan Setyowibowo mengingatkan jajarannya untuk tidak melakukan tindakan yang bisa menimbulkan persepsi negatif di tengah masyarakat terkait netralitas Polri jelang pesta demokrasi nanti.

Menurut AKBP Endrasetiawan, personil kepolisian di bawah jajaran Polres Payakumbuh harus bersikap arif di tengah-tengah masyarakat, jangan sampai ada tindakan dan prilaku yang kemudian bisa dipolitisir untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

"Untuk mengantisipasi persepsi macam-macam di masyarakat, kami mengimbau agar anggota Polri menahan diri dulu untuk tidak menggunakan simbol-simbol capres atau caleg saat berfoto ataupun dalam melaksanakan kegiatan di tengah-tengah masyarkat," kata Endrasetiawan saat ditemui di ruangannya, Selasa 12 Februari 2019.

Pada kesempatan itu ia kembali mengingatkan jajarannya untuk selalu menjaga netralitasnya dalam masa kampanye sampai proses Pemilu nanti.

"Yang berbau-bau ke arah sana (politik) yang nanti bisa dipolitisir, sementara kita menahan diri dulu," katanya.

Dia menegaskan, apabila nanti diketahui ada oknum Polres Payakumbuh yang tidak bersikap netral, pihaknya tidak akan pandang bulu dalam melakukan penindakan.

"Aturan-aturan kita sudah jelas, dari Polri sudah ada aturan, sudah punya Undang-Undang. Apabila ditemukan kita akan proses, tidak ada pengecualian karena kita bertugas mengawal dengan baik," tegasnya.

Endrasetiawan menerangkan, tugas utama jajaran kepolisian adalah menjaga situasi kampanye sampai dengan pemilihan nanti tetap kondusif, sehingga pesta demokrasi nanti bisa berjalan dengan sukses.

[Taufik Hidayat Kampai]