Kaum Ibu dan Pasangan Usia Subur Diminta Lakukan IVA Test

"Ini salah satu langkah efektif mendeteksi dan mencegah kanker serviks"
Kegiatan Orientasi Gerakan PKK Bidang Pokja 4 Pelaksana IVA Test (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Agam mendorong kaum ibu pasangan usia subur untuk melakukan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA Test).

IVA Test ini merupakan program TP-PKK Kabupaten Agam melalui program Pokja IV yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, (DPP KB PP dan PA) Agam.

"Saat ini kita sedang gencar mengajak kaum ibu dan pasangan usia subur untuk melakukan IVA Test. Ini salah satu langkah efektif mendeteksi dan mencegah kanker serviks," ungkap Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri,

Ia menjelaskan, IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi awal kesehatan reproduksi wanita. Menurutnya, jika dibandingkan dengan tindakan serupa pap smear, IVA Test cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium.

"Untuk tahun ini Kecamatan Tanjung Mutiara kita pilih sebagai nagari IVA Test karena tingkat partisipasinya tinggi dibanding nagari lainnya. Kita berharap, dipilihnya Tanjung Mutiara akan menjadi motivasi bagi nagari lainnya," harap Ny. Vita.

Digenjotnya Kecamatan Tanjung Mutiara menurutnya, dikarenakan, nantinya kecamatan ini bakal mewakili Kabupaten Agam mengikuti penilaian IVA Test tingkat Provinsi Sumbar.

"Kita berharap nanti outputnya terjadinya pemerataan bagi seluruh nagari," ujar Ny. Vita. (rel)