Penyortiran Surat Suara di KPU Payakumbuh Molor, Ini Penyebabnya

"Sampai Jumat (8/3) siang, penyortiran surat suara masih terus belangsung."
Proses sortir surat suara di Lantai II KPU Kota Payakumbuh. ( KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Penyortiran surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh molor dari jadwal awal yang sudah ditetapkan. Berdasarkan perencanaan yang sudah disusun oleh KPU Kota Payakumbuh, pensortiran surat suara itu sudah akan tuntas dilakukan pada Rabu 6 Maret lalu. Namun, sampai Jumat (8/3) siang, penyortiran surat suara masih terus belangsung.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal menyebut, pihaknya akan berupaya untuk menuntaskan penyortiran suara pada Sabtu (9/3) besok. "Proses penyortiran surat suara mengalami keterlambatan dibandingkan jadwal yang sudah kita susun. Mudah-mudahan besok sudah bisa selesai," kata Haidi Mursal, Jumat (8/3) siang.

Haidi Mursal menyebut, salah satu kendala utama yang dihadapi KPU Payakumbuh unutk memenuhi deadline yang sudah ditetapkan adalah kurangnya tenaga penyortir. "Dalam pelaksanaan sortir ada beberapa tenaga yang harus mundur karena ada pekerjaan lain yang tak bisa ditinggalkan, sehingga berpengaruh juga terhadap kecepatan proses sortir itu sendiri," jelasnya.

Untuk menyortir surat suara, KPU Kota Payakumbuh memang hanya menggunakan tenaga dari staff KPU yang didampingi oleh Bawaslu dan juga pihak kepolisian dalam pengamanan proses sortir. Haidi Mursal melanjutkan, selain kekurangan tenaga sortir, juga terdapat beberapa kondisi surat sura yang membuat KPU Payakumbuh harus meminta pertimbangan dari KPU Sumbar untuk memutuskan rusak atau tidaknya surat suara tersebut.

"Terdapat beberapa kondisi surat suara yang dalam menentukan kategori rusak atau tidak kita meminta pertimbangan dari KPU provinsi. Hal itu juga membuat proses sortir molor dibandingkan jadwal awal yang sudah disusun," pungkasnya kemudian.

Seperti diketahui, sortir surat suara untuk KPU Kota Payakumbuh sudah mulai dilakukan semenjak Rabu (27/2) lalu di Lantai II kantor KPU daerah tersebut. Jumlah total surat suara yang disortir tersebut adalah sebanyak 453.130 lembar. ... Baca halaman selanjutnya