Setahun Meneliti, Prof Hafrijal Sandry Paparkan 7 Persoalan Danau Maninjau

"Belum lagi masalah pemberian pakan yang berlebihan oleh para petani keramba, yang mengakibatkan kondisi air tercemar "
Danau Maninjau (KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Peneliti Danau Maninjau, Prof. Hafrijal Syandri menyebutkan, ada tujuh isu terkait permasalahan lingkungan hidup sektor budidaya perikanan di Danau Maninjau.

Pertama, isu letak dan luas lahan budidaya yang tidak ideal, ke-dua, isu kematian ikan, ke-tiga, isu pakan ikan, ke-empat, isu pemberian pakan ikan berlebihan, ke-lima, isu daya tampung beban pencemaran, ke-enam, isu kualitas air, dan ke-tujuh, isu status tropik Danau Maninjau.

Hal itu dipaparkan oleh mantan dosen Universitas Bung Hatta itu saat acara audiensi antara Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera dengan Pemerintah Kabupaten Agam, Selasa (12/3) di ruang rapat bupati, Lubuk Basung.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera, Amral Feri, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, dan beberapa orang kepala OPD terkait.

Ia menyebutkan, selama lebih kurang satu tahun meneliti sejak 2018, akibat semakin tercemarnya kondisi Danau Maninjau saat ini adalah tidak seimbangnya antara daya tampung danau dengan daya dukung lingkungan hidup sektor perikanan budidaya.

Kemudian, jumlah KJA dari tahun ke tahun sejak 2001 tidak stabil dan nyaris bertambah. Namun antara tahun 2017 dengan 2018 mengalami penurunan. Tercatat, sejak tahun 2017 ke 2018 dari 18.921 KJA dengan 11.352 KJA produktif menjadi 15.373 KJA dan 9.223 KJA produktif.

Apabila dilihat perbandingan antara total KJA produktif dengan luas lahan terpakai dan luas lahan yang ideal juga tidak sebanding. Sebagai sampel pada tahun 2018 lahan yang terpakai untuk KJA seluas 39,78 hektar, sementara idealnya 394,1 hektar dengan jumlah KJA 15.373 petak untuk ukuran ikan rata-rata 20 gram/ekor.

"Belum lagi masalah pemberian pakan yang berlebihan oleh para petani keramba, yang mengakibatkan kondisi air tercemar dan dampaknya akan terjadi kematian ikan secara massal," jelasnya.

Dijelaskannya, kematian ikan ... Baca halaman selanjutnya