Satu Jorong di Pasbar Masuk Nominasi Lingkungan Bersih dan Sehat Nasional

"Nominasi ini merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK yakni kategori LBS. Kegiatan LBS merupakan refleksi dari program Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes). Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan keluarga yang sehat"
Bupati Syahiran dan Wakil Bupati Yulianto saat mendampingi Tim Penilaian ke Jorong Bandarejo (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Tim penilaian Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) mencatat salah satu Kejorongan di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar masuk dalam nominasi tingkat nasional.

Jorong Bandarejo lolos hingga ke tingkat nasional setelah melewati penilaian tingkat kabupaten dan provinsi Sumatera Barat. Sebanyak 3 orang tim penilai nasional itu datangi Pasaman Barat yang beranggotakan, yakni PKK RI Pokja IV, Dr. Rien Riantari dan Direktorat Lingkungan Kementrian Kesehatan, Deki dan Wahyu Ningsih.

Menurut Bupati Pasaman Barat Syahiran, Jorong Bandarejo merupakan salah satu jorong yang memiliki nilai tertinggi kreatifitas nya dalam bergotong royong. Sebab didaerah itu masyarakatnya mempertahankan pola hidup bersih dan sehat.

"Nominasi ini merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK yakni kategori LBS. Kegiatan LBS merupakan refleksi dari program Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes). Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan keluarga yang sehat," ungkap Bupato Syahiran saat mendampingi tim penilai nasional, Selasa (12/3/2019).

Gerakan ini bertujuan tidak lain untuk mengkampanyekan gerakan hidup bersih dan sehat. Diharapkan bisa membuat masyarakat semangat dan terus mempertahankan pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, pemerintah daerah terus berupaya menciptakan lingkungan yang sehat dengan beberapa program. Salah satunya dengan program bantuan jamban, yang sudah mencapai 2ribu jamban ada di Pasaman Barat.

"Kepada masyarakat Bandarejo terimakasih atas partisipasinya untuk mendukung kegiatan LBS ini. Kita semua berharap semoga kita bisa menjadi pemenang," imbuhnya.

Sementara Ketua tim penilaian nasional Dr. Rien Riantari PKK pusat Pokja IV menjelaskan, pihaknya datang ke Pasaman Barat karena laporan dokumentasi lanjutan yang telah diterima. Sehingga menetapkan Bandarejo masuk nominasi LBS tingkat nasional.

"Masuk menjadi nominasi saja sudah bagus ... Baca halaman selanjutnya