Kurangi Sampah Plastik, Kader PKK Kabupaten Agam Bawa Bekal dari Rumah

"Secara bertahap hal ini kita lakukan. Dimulai dari pertemuan antar kader seperti acara hari ini."
Pertemuan bulanan kader PKK Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Salah satu upaya mengkampanyekan bahaya penggunaan sampah plastik, kader PKK Kabupaten Agam membawa minuman dan makanan sendiri dari rumah setiap beraktivitas.

Hal itu diaplikasikan pengurus PKK kabupaten, kecamatan dan nagari saat mengikuti pertemuan rutin bulanan, Rabu (13/3) di Masjid Al-Hikmah Batu Kambing Kecamatan Ampek Nagari.

Menu makanan yang dihidangkan tidak menggunakan bahan plastik dan mengganti dengan daun pisang dan piring.

Tidak hanya itu, makanan yang dihidangkan-pun berasal dari bahan perkarangan rumah dan tidak menggunakan zat kimia.
Seperti, makanan "pisang abuih" (pisang rebus), kacimuih dan jeruk.

"Secara bertahap hal ini kita lakukan. Dimulai dari pertemuan antar kader seperti acara hari ini. Namun, ini juga menjadi program kita di PKK, karena penanggulangan sampah dan memanfaatkan tanaman perkarangan terdapat pada pokja III dan pokja IV," jelas Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, saat dimintai keterangan.

Ia menambahkan, ini akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi para kader PKK untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengurangi pemakaian kantong plastik ketika belanja ke pasar.

"Kan bisa saja kita bawa kantong dari rumah ketika mau belanja ke pasar. Tidak mesti tiap kali ke pasar mesti beli kantong," jelas Ny. Vita. (rel)