Dua Batrai Alat Peringatan Tsunami di Agam Dicuri, BPBD Pasang Keamanan Ganda

"Dua batrai ini diketahui hilang Selasa pagi 13 Maret 2019 setelah booknya terbuka,"
EWS di Tiku (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Dua batrai early warning sistem (EWS) atau atau alat peringatan tsunami di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam-Sumbar hilang dicuri.

Kepala Pelaksana BPBD Agam, Lutfi mengatakan, dua batrai EWS yang hilang terdapat di samping Pustu Gasan, Nagari Tiku Selatan dan EWS SMAN 1 Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Dua batrai ini diketahui hilang Selasa pagi 13 Maret 2019 setelah booknya terbuka," kata Lutfi pada Kikpositif.com, Kamis 14 Maret 2019.

Lutfi menduga, batrai EWS dicuri Senin malam. "Berdasarkan keterangan warga, ada orang yang mondar-mandir dekat EWS sekitar pukul 22.00. Warga juga sempat menegurnya," ujarnya.

Di Kecamatan Tanjung Mutiara terpasang 9 EWS di sepanjang pesisir pantai. Untuk mengantisipasi kejadian itu terulang, BPBD Agam meningkatkan keamanan dengan memasang kunci ganda di 7 EWS lainnya.

Hilangnya batrai, membuat EWS di Gasan dan SMAN 1 Tiku tidak berfungsi di malam hari. Sedangkan pada siang hari menggunakan tenaga surya.

"Kerugian ditaksir Rp 6 juta. Kita akan segera pasang aki (batrai) yang baru. Kami mengimbau warga juga ikut menjaga EWS ini," pungkasnya.