Menyelam Mencari Lokan, Warga Pasbar Diserang Buaya

"Dia diserang buaya muara saat mencari lokan di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jorong Padang Halaban, sekira pukul 16.50 Wib"
Ilustrasi buaya (net)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Seorang warga Simpang Tiga diserang seekor buaya muara saat mencari lokan di aliran Sungai Batang Saman, Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis 14 Maret 2019.

"Warga itu bernama Mauluddin (60). Dia diserang buaya muara saat mencari lokan di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jorong Padang Halaban, sekira pukul 16.50 Wib," ujar Babinsa setempat, Serma A.Casmana.

Korban mengalani luka gigitan pada kepala sebelah kanan dekat telinga dan di bawah lengan tangan kirinya. "Korban terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jambak, untuk mendapatkan perawatan medis. Kondisi korban saat ini dalam kondisi sadar," ujarnya.

Diceritakan, korban ini berangkat ke lokasi itu untuk mencari lokan bersama 9 orang rekannya dengan cara menyelam. Saat asyik menyelam itulah, korban kemudian tiba-tiba diserang buaya muara.

Melihat kejadian itu, kesembilan rekan lainnnya berusaha memberikan pertolongan dengan cara menarik korban dan menghalau buaya itu. Buaya yang merasa terancam, kemudian melepaskan gigitannya dan lari ketengah sungai.

Korban kemudian di evakuasi dan dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami luka gigit yang cukup serius dibagian kepalanya. Saat ini korban menjalani perawatan intensif di RSUD Jambak.

Babinsa A.Casmana mengimbau, agar kejadian serupa tidak terulang, diminta kepada warga agar berhati-hati dalam beraktifitas di Aliran Sungai Batang Saman, terutama disekitar lokasi kejadian.

"Kita minta warga waspada dan tidak melakukan aktifitas berlebihan di sekitar lokasi," tutupnya.

[Irfan Pasaribu]