Pemko Sawahlunto Akan Cairkan Dana Kelurahan Dalam Dua Tahap

"dana kelurahan harus dikelola secara swakelola dengan penggunaan 70% untuk infrastruktur dan sisanya 30% untuk pemberdayaan masyarakat"
Rapat Membahas Dana Kelurahan di Balaikota Sawahlunto, Jum'at 15 Maret 2019 (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto, Jon Hendri mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan menyalurkan dana kelurahan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilakukan paling lambat di minggu kedua di bulan Mei 2019 mendatang.

Dijelaskan Jon Hendri, dana kelurahan bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan. Anggaran tersebut, lanjut Jon Hendri, berasal dari program dana kelurahan yang digagas pemerintah pusat, masing-masing mendapat sebesar Rp352 juta. Kemudian ditambah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan jumlah berbeda tiap kelurahan yakni yang terendah Rp331 juta dan yang tertinggi Rp454 juta.

"Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan di Kecamatan Lembah Segar memperoleh anggaran yang terkecil sebesar Rp684 juta, sementara Kelurahan Saringan di Kecamatan Barangin memperoleh anggaran terbanyak sebesar Rp807 juta," katanya di hadapan para Lurah se Sawahlunto di Balaikota Sawahlunto, Jum'at 15 Maret 2019.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan, dana kelurahan harus dikelola secara swakelola dengan penggunaan 70% untuk infrastruktur dan sisanya 30% untuk pemberdayaan masyarakat.

"Penerapan seperti ini bukan hal yang baru, sebelum program dana kelurahan ini, Pemko Sawahlunto sudah menganggarkan dan menerapkan pelaksanaan pembangunan di kelurahan yang berbasis swakelola," ungkapnya.

Lebih jauh Jon Hendri menambahkan, mulai tahun ini untuk penatausahaan penggunaan dana kelurahan, Walikota menetapkan Lurah sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dan menetapkan bendahara pengeluaran di kelurahan.

"Meski demikian, Lurah harus mengajak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam membuat rencana penggunaan dana tersebut," jelasnya.

"Dengan penerapan dana kelurahan, diharapkan masyarakat kelurahan lebih bersemangat untuk terlibat dalam ... Baca halaman selanjutnya