Raih Juara Umum O2SN, Lubuk Basung Hentikan Dominasi Ampek Angkek

"Lubuk Basung raih juara umum dengan perolehan 6 medali emas, tujuh perak dan lima perunggu. "
Kontingen Lubuk Basung (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kecamatan Lubuk Basung, keluar sebagai juara umum di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD se-Kabupaten Agam tahun 2019, yang digelar di Lubuk Basung, Selasa-Kamis (12/3-14/3).

Lubuk Basung raih juara umum dengan perolehan 6 medali emas, tujuh perak dan lima perunggu. Peringkat bergengsi ini sebelumnya disandang oleh Kecamatan Ampek Angkek dua kali berturut-turut.

Namun, kali ini Ampek Angkek meraih di juara II, dengan perolehan medali empat emas, dua perak dan dua perunggu. Kemudian disusul Kecamatan Tanjung Mutiara sebagai juara III dengan perolehan medali empat emas dan dua perunggu.

Kontingen Lubuk Basung sudah dua kali peroleh juara umum, yang sebelumnya diraih tahun 2016. Kemudian disealip oleh Ampek Angkek tahun 2017 dan 2018, yang saat itu Lubuk Basung berada di peingkat lima.

Koodinator O2SN Kecamatan Lubuk Basung, Marah Sati mengatakan, ini merupakan prestasi siswa yang telah berjuang untuk berikan hasil terbaik di O2SN tingkat SD se-Kabupaten Agam tahun 2019.

"Kita mengutus 10 atlet dengan mengikuti lima dari enam cabang yang dilombakan yaitu, atletik, pencak silat, karate, bulu tangkis dan renang," ujarnya.

Dikatakan, berkat kegigihan dan sportivitas atlet, gelar juara umum bisa diraih kembali setelah dua tahun digenggaman Kecamatan Ampek Angkek.

Namun, dalam perlombaan kalah menang itu sudah biasa, tapi yang terpenting bagaimana atlet bisa tampil dengan maksimal. Sehingga kemampuan yang dimiliki dapat ditampilkan di arena perlombaan.

Kasi Pengembangan dan Pembinaan Olahraga Disparpora Agam, Abdul Halim mengatakan, para peraih medali emas secara langsung mewakili Agam di O2SN tingkat SD se-Sumatera Barat, pada Juni 2019 di Kota Padang.

"Khusus cabang yang nomor perlombaannya banyak, diwakili oleh peraih juara umum seperti atletik, karate dan renang," ujarnya.

Sedangkan tiga cabang lainnya yakni, bulu tangkis, senam dan ... Baca halaman selanjutnya