Ratusan ASN Sawahlunto Berikrar Jaga Netralitas di Pemilu 2019

"Mari sama-sama kita kawal Pemilu ini sehingga berjalan lancar. Untuk itu ASN diminta untuk tidak terlibat dan terkontaminasi dalam politik praktis"
Upacara Bulanan Pemko Sawahlunto di Lapangan Ombilin Sawahlunto, Senin 15 April 2019 (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, mengucapkan ikrar untuk bersikap netral dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Ikrar pernyataan sikap tersebut, dipandu langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta yang berisikan enam poin saat Upacara Bulanan di Lapangan Ombilin Sawahlunto, Senin 15 April 2019.

Poin pertama ikrar tersebut, mendukung suksesnya Pemilu 2019 demi terwujudnya sistem pemerintahan presidensial, yang semakin efektif, berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Selanjutnya, ASN menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan sara serta hoak. Kemudian ASN mendukung serta mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, serta lebih mengedepankan adu program, adu konsep dan gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik yang bermartabat.

Di poin keempat, ASN harus menjaga netralitas dan profesional dalam menyalurkan hak dan kewajiban politik secara bertanggungjawab. Tidak hanya sampai disitu, ASN juga siap untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk lima tahun kedepan.

"Dan yang sangat penting, ASN, baik pegawai negeri sipil, tenaga kontrak maupun aparatur desa diminta untuk mendukung agar tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Deri Asta.

"Mari sama-sama kita kawal Pemilu ini sehingga berjalan lancar. Untuk itu ASN diminta untuk tidak terlibat dan terkontaminasi dalam politik praktis," tegasnya.

Deri Asta menambahkan, ikrar ini harus dilaksanakan sepenuhnya dengan tanggung jawab oleh seluruh ASN.(*)