Pemuda Payakumbuh yang Diduga Meretas Situs KPU Itu Ternyata Hanya Tamatan SMP, Keluarga Jelaskan Hal Ini

"Dia belum tamat SMA karena saat diterima di SMA Negeri 5 Payakumbuh dia menolak untuk masuk karena katanya mau masuk STM"
Ibu MA, Mira Melinda. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemuda asal Payakumbuh, MA (18) yang diamankan Tim Cyber Gabungan Mabes Polri pada Senin (21/4) sore karena diduga mencoba meretas website resmi KPU RI ternyata belum menamatkan pendidikan di bangku SMA.

Ibu MA, Mira Melinda yang ditemui KLIKPOSITIF di rumah neneknya, di Jalan Padang Kelurahan Parik Rantang Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (24/4) siang menyebut, MA yang merupaka alumni SMP Negeri 8 Kota Payakumbuh itu belajar IT secara otodidak.

"Dia belum tamat SMA karena saat diterima di SMA Negeri 5 Payakumbuh dia menolak untuk masuk karena katanya mau masuk STM," kata Mira.

Dijelaskan Mira, putra sulungnya itu memang sudah memiliki ketertarikan dengan IT semenjak masih duduk di bangku SD. Ia bahkan sudah cukup mahir menjalankan beberapa program ketika duduk di bangku kelas 3 SD.

"Sehari-hari dia memang hanya bergelut dengan laptop saja. Sampai sekarang banyak sertifkat yang sudah didapatkannya," katanya.

Diantara sertifkat yang sudah didapatkannya adalah SQL Injection Chalenge Kominfo, sertifikat AVIRA vulnerabilities, sertifikat Responsible Disclosure dari McAfee, dan sertifikat Bug Report Vulnerability Tokopedia.

Dijelaskan Mira, kemampuan anaknya dalam IT tersebut memang sudah diketahui keluarga. Namun demikian, ia tidak terlalu mengetahui dengan pasti bagaimana putranya tersebut bisa dapat berbagai sertifikat bergengsi itu.

"Kami baru mengetahui sertifikat begit ditunjukkannya. Jadi memang kemampuannya dalam IT sangat menonjol," ulasnya.

Dikatakannya, berkat kemampuannya yang menonjol di bidang IT tersebut, MA diketahui mampu membeli laptop dan handphoen dengan biaya sendiri.

"Uang untuk membelinya dia dapat dari kemampuannya tersebut," terangnya.

Sementara itu, Paman MA, Ramadhan Putra meneyebut, keseharian keponakannya itu memang lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop. Selain bermain laptop, ia juga juga bermain ... Baca halaman selanjutnya