Caleg Petahana Sebut Pemilu 2019 Lebih Berat Ketimbang 2014

"Jumlah peserta Pemilu kali ini lebih banyak"
Simulasi Pemilu (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANGPARIAMAN KLIKPOSITIF -- Menyoal Pemilu tahun ini, anggota DPRD Padangpariaman yang juga merupakan calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Golkar Padangpariaman, Rahmad Mahmudal menyebut pemilu 2019 lebih berat jika dibandingkan pemilu 2014 silam.

Mahmudal mengatakan jika dibandingkan pemilu sebelumnya, pemilu 2019 ini peserta yang lebih banyak. Selain itu, tensi dan dinamika politik di lapangan menurutnya juga lebih tinggi.

"Ya sebagai petahana menurut saya yang terpenting dilakukan adalah menjaga basis konstituen pada pemilu sebelumnya, dengan mengawal aspirasi konstituen atau masyarakat tersebut kepada pemerintah daerah," ungkap Rahmad Mahmudal, Rabu 24 April 2019.

Disamping menjaga basis konstituen, ungkapnya lagi, pihaknya juga melakukan perluasan basis pemilih baru di daerah lain dalam dapil yang sama.

"Ya meski agak berat, namun dari saya tidak memiliki strategi khusus agar tetap diamanahkan masyarakat sebagai wakil di DPRD Kabupaten Padangpariaman," katanya.

Dikatakannya juga, yang paling penting adalah selama menjadi anggota DPRD komunikasi politik dengan masyarakat harus tetap bagus. Dekat dengan masyarakat bukan hanya saat pemilu saja, tapi setelah awal dilantik juga.

Mahmudal menilai pemilu 2019 terlihat jelas jika masyarakat makin cerdas dalam berpolitik. Meski ada pihak-pihak melakukan politik uang, pemilih tetap menentukan pilihan sesuai keinginan masing-masing.

"Saya kira pemilih makin cerdas sehingga mereka tidak lagi terpengaruh oleh politik uang. Ini adalah kemajuan bagi demokrasi kita," sebutnya.

[Rehasa]