Pemkab Pessel Akan Bentuk Tim Periwisata Terpadu Carocok Painan, Ini Fungsinya

"Selain melibatkan Dinas Perhubungan, Pol PP dan PU, nanti juga akan melibatkan pelaku wisata tempat untuk memecahkan persoalan yang terjadi"
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal mempersiapkan tim terpadu pelayanan kepariwisataan di Caracok Painan dalam memberikan pelayanan penuh kepada pengujung saat lebaran nanti.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengatakan, pembentukan tim ini untuk menimilisir persoalan pelayanan di Caracok Painan

"Sekarang tim terpadu ini sedang kita persiapan. Selain melibatkan Dinas Perhubungan, Pol PP dan PU, nanti juga akan melibatkan pelaku wisata tempat untuk memecahkan persoalan yang terjadi," sebut Hadi Susilo kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, tim terpadu yang terbentuk ini nanti akan dilengkapi dengan empat seksi sesuai kebutuhan. Mulai seksi pelayanan kepariwisataan, seksi keamanan, seksi transportasi dan parkir hingga seksi kebersihan.

"Kalau sekarang dikeroyok banyak OPD, besok bisa memantau dari luar lagi. Dan semuanya kita serahkan kepada tim dengan satu pintu melalui koordinator dengan tujuan kepariwisataan Carocok Painan," jelasnya.

Ia mengakui, adanya inisiasi untuk membentuk tim terpadu pelayanan wisata ini, setelah melihat kesulitan menangani persoalan yang terjadi.

"Jadi kalau tim sudah terbentuk, pimpinan kita (bupati) tidak lagi koordinasi dengan kepala dinas yang banyak. Bisa melalui satu koordinator tim yang menyampaikan langsung," ujarnya.

Lanjutnya, pembentukan tim ini tidak hanya terkhusus untuk pelayanan terpadu pada lebaran tahun ini saja. Tetapi jika efektif, maka akan dipermanen untuk menangani secara khusus kepariwisataan Carocok Painan.

"Kalau efektif ini akan terus berlanjut, dan lebaran ini adalah testnya. Kalau tim efektif bekerja, tahun depan kita permanenkan dengan tolak ukurnya pelayanan," tutupnya.

(Kiki Julnasri)