Ramadan Berbagi, Relawan Kolaborasi Kemanusiaan Pasbar Galang Dana di Jalan

"Penggalangan dana ini dilakukan untuk membantu anak yatim, fakir miskin dan kegiatan sosial lainnya"
Penggalangan dana di Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh sejumlah Relawan Kolaborasi Kemanusiaan di Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat mendapat respon positif dari masyarakat setempat.

"Ini sebuah kegiatan positif yang patut kita dukung secara bersama-sama," kata ihsan, salah seorang pengendara roda empat.

"Berbagi itu indah, apa lagi ini di bulan suci ramadan, sehingga kita tidak susah lagi untuk menyalurkan sebagian rezeki kita untuk orang-orang yang membutuhkan," sambungnya.

Sementara itu, salah satu penggerak aksi relawan kemanusiaan, Decky H Saputra kepada KLIKPOSITIF, Rabu (15/5/2019) mengatakan, penggalangan dana ini dilakukan untuk membantu anak yatim, fakir miskin dan kegiatan sosial lainnya.

Rencananya dana yang terkumpul sebagian akan diberikan kepada 200 orang anak yatim se Pasaman Barat. Kata dia, untuk anak yatim saja pihaknya harus mengumpulkan dana sebanyak Rp40juta. Namun itu belum masuk untuk anggaran membantu fakir miskin dan kegiatan sosial lainnya.

Oleh sebab itu, jelas Decky, pihaknya harus mengumpulkan dana sesuai target yang telah direncanakan sebelum ramadan berakhir. "Di samping melakukan penggalangan dana, kita juga melakukan bagi-bagi takjil kepada pengendara di bundaran Simpang Empat," ujarnya.

Sebelumnya ungkap decky, pihaknya juga telah melakukan serangkaian bersih-bersih masjid dan musala jelang bulan ramadan. Namun khusus untuk bagi-bagi Alquran dan Juz Amma pihaknya telah menyiapkan dan akan memulai membagikan pada 15 hari puasa berlangsung hingga jelang hari raya idul fitri.

Jelas Decky, penggalangan dana tersebut telah dilakukan selama delapan hari di sekitar bundaran Simpang Empat dan di pusat keramaian lainnya. Hingga saat ini pihaknya telah mengumpulkan dana ummat sebanyak Rp13,093,000.

[Irfan Pasaribu]