Narapidana Kasus Pencurian Nekat Masukkan Ganja ke Rutan Anak Air

(KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Seorang narapidana kasus pencurian di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Air Padang , dibekuk karena ketahuan memasukan narkoba ke dalam lapas.

Narapidana tersebut dibekuk pada Rabu 12 Juni 2019 saat akan mengambil narkoba jenis ganja yang dilemparkan oleh seseorang melalui pagar.

baca juga: Ketua DPR: Pemerintah Harus Dengarkan Aspirasi Masyarakat Sebelum Terapkan 'New Normal' Sekolah

"Tadi kami ditelpon oleh pihak Rutan dan menyebutkan mereka mengamankan narapidana yang ketahuan memiliki narkoba jenis ganja," ujar Kanit Reskrim Polsek Koto Tangah, Ipda Heru Gunawan.

Tersangka dengan inisial RA alias Unyil (23) lansung diamankan oleh pegawai Rutan yang saat itu sedang berpatroli.

baca juga: Kerusuhan Meluas, Ini Nasib WNI di Ameriksa Serikat

"Setelah kami jemput, tersangka langsung kami interogasi dan ia memang mengakui bahwa barang haram itu memang miliknya," lanjutnya.

Modus tersangka dalam perkara tersebut adalah dengan menerima narkoba jenis ganja yang dilemparkan ke dalam Rutan.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

"Modusnya ia menyuruh seseorang melemparkan ganja itu melalui pagar menggunakan kotak rokok dan batu sebagai pemberat," lanjutnya.

Ia mengatakan, dari keterangan tersangka yang diinterogasi, hal itu merupakan ketiga kalinya ia memasukkan narkoba ke dalam Rutan tersebut.

baca juga: Habib Aboebakar Sayangkan Dua Kado Pahit di Hari Lahir Pancasila

"Ia mengakui sudah dua kali dirinya memasukkan narkoba ke dalam Rutan dan kali ini ia harus mempertanggung jawabkan perbuatannya," sambungnya.

Tersangka kasus pencurian itu diketahui baru menjalani hukuman selama enam bulan dari vonis selama dua tahun yang ia jalani.

Selain tersangka, ia mengamankan barang bukti narkoba jenis ganja sebanyak 103 gram dan kantong plastik warna hitam serta kertas koran.

"Tersangka akan diancam dengan pasal 112 Jo 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun," tutupnya. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri