Besok, 4.160 Peserta Ikuti Tes Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi

"Tes akan dilakukan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT)"
Ilustrasi (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF -- Tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) akan digelar pada 18 Juni 2019. Tes akan dilakukan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).

Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said mengatakan bahwa saat ini tercatat 4.160 santri yang berhak mengikuti tes seleksi PBSB. Pendaftaran dilakukan secara online atau dalam jaringan. 

“Kami telah memvalidasi 11.269 data santri yang mendaftar dari 1.375 pondok pesantren. Validasi dilakukan berdasarkan ranking dengan kriteria prestasi, raport, piagam juara Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), jumlah juz tahfizh al-Qur’an, serta kondisi ekonomi keluarga santri,” terang Basnang di Jakarta, Minggu (16/06) kemarin, yang dikutip dari laman kemenag.go.id.

"Dari hasil valiadasi, tercatat 4.160 santri berhak ikut tes seleksi," sambungnya. 

Menurut Basnang,  untuk ikut CBT PBSB, santri harus membawa berkas pendaftaran online yang bisa didownload melalui akun masing-masing. Berkas dimaksud yaitu; 1) formulir pendaftaran yang telah ditandatangani pimpinan pesantren, wali santri, serta santri pendaftar, 2) kartu tes seleksi CBT PBSB, 3) surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani santri pendaftar.

“Saat mengikuti tes seleksi, santri diminta menunjukkan kartu identitasnya berupa KTP atau Kartu Pelajar. Hal ini sebagai langkah verifikasi data akhir,” Basnang menambahkan.

CBT PBSB tanggal 18 Juni ini akan berlangsung di lokasi yang teah ditentukan oleh Kanwil Kemenag Propinsi. Tes ini diikuti para santri yang mendaftar di 18 perguruan tinggi mitra, yakni: UIN Jakarta (dengan kuota penerimaan sebanyak 9 santri), UIN Bandung (10 santri), UIN Yogyakarta (20 santri), UIN Semarang (10 santri), UIN Malang (11 santri), UIN Surabaya (20 santri), UIN Makassar (14 santri), IPB Bogor (15 santri), ITS Surabaya (8 santri), UGM Yogyakarta (7 santri), Uncen Jayapura (8 santri), UPI Bandung (8 santri), UAI ... Baca halaman selanjutnya