Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Limapuluh Kota, Dua Rumah Warga Rusak

"bencana tersebut terjadi di daerah Taeh Baruah dan Limbanang."
Salah satu rumah yang ambruk setelah angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di Jorong Koto Fuji, Nagari Taeh Baruah (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Dua rumah warga di Limapuluh Kota rusak pasca ditimpa pohon, Senin 17 Juni 2019. Pohon tersebut tumbang akibat angin kencang dan hujan deras yang melanda beberapa nagari di Limapuluh Kota.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Limapuluh Kota Rahmadinol mengatakan bencana tersebut terjadi di daerah Taeh Baruah dan Limbanang. Menurutnya, angin kencang dan hujan deras mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga yang berada di lokasi.

"Rumah yang tertimpa pohon yaitu milik Noni (46 tahun) di Jorong Koto Fuji, Nagari Taeh Baruah dan di Jorong Pinago, Nagari Limbanang yang menimpa rumah N. Madrialis (69 tahun)," kata Rahmadinol lewat pesan singkatnya di WhatsApp.

Pasca kejadian, pihaknya langsung melakukan evakuasi dan pembersihan serta memberikan bantuan untuk penanganan darurat. Kemudian setelah itu pihaknya mengajukan ke badan keuangan untuk bantuan sosial penanganan bencana di dua lokasi tersebut.

"Melihat kondisi cuaca ekstrim saat ini dihimbau kepada warga untuk waspada Dan segera menebang pohon di sekitar rumah apabila terlihat mengancam. Hubungi segera BPBD atau Kelompok Siaga Bencana di nagari masing-masing untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu juga terjadi longsong dan menimpa areal persawahan milik warga di Nagari Situjuah Batua. Akibatnya, warga setempat mengalami kerugian puluhan juta dan dipastikan mengalami gagal panen.

(Ade Suhendra)