Sering Terjadi Kecelakaan di Gelanggang, Joki Sumbar Berharap Jaminan Kesehatan

"belum adanya kepastian dan jaminan keselamatan bagi joki yang berpacu dalam lintasan gelanggang pacuan kuda."
ilustrasi (net)

PAYAKUMBUH,KLIKPOSITIF - Pasca adanya beberapa insiden dalam pacuan kuda, salah seorang joki Sumbar asal Payakumbuh berharap mendapatkan perlindungan keselamatan dalam berpacu. Hal ini dikatakannya mengingat belum adanya kepastian dan jaminan keselamatan bagi joki yang berpacu dalam lintasan gelanggang pacuan kuda.

Joni Adrian, saat ditemui di Kandang Kuda Kubu Gadang, Payakumbuh mengatakan dirinya sangat berharap adanya asuransi jiwa dan jaminan keselamatan saat bekerja sebagai joki. Ia menjelaskan bahwa dirinya telah menekuni profesi joki ini sejak 20 tahun terakhir.

"Pertama kali menjadi joki sejak umur 15 tahun. Saat itu saya hanya menjadi groom tapi lama kelamaan juga belajar menjadi joki dan saat ke Pulau Jawa akhirnya memutuskan menjadi seorang Joki," kata Joni yang pada Lebaran Cup 2019 beberapa waktu lalu menunggangi kuda Thor yang mengalami insiden di penghujung balapan.

Menurutnya, selama kurun 20 tahun menjadi joki tercatat sebanyak 5 kali mengalami insiden terjatuh saat menunggangi kuda di lintasan. Namun dari lima kali terjatuh tersebut, satu insiden yang paling parah yaitu saat mengikuti pacuan di Bukik Gombak beberapa tahun lalu.

"Saya koma selama dua hari. Saat memacu kuda, ternyata ada salah satu ekor kuda yang keluar lintasannya dan berada tepat di depan kuda yang saya tunggangi. Tabrakan pun tidak mampu dihindari dan saya pun terjatuh serta terhempas," ujar Joni Adrian yang pernah menjuarai Derby Sawahlunto tahun 2016 saat menunggangi kuda Delima Queen.

Ia menjelaskan untuk pengobatan saat itu, ditanggung oleh panitia pelaksana dan sedikit bantuan dari pemilik kuda. Namun meskipun mendapatkan tanggungan saat jatuh, ia masih mempunyai rasa cemas kalau sewaktu-waktu dalam berpacu mengalami insiden.

"Kadang juga sedih melihat nasib joki di Sumbar yang tidak memiliki kejelasan terkait asuransi atau jaminan keselamatan saat mengikuti pacuan kuda," kata joki berlisensi nasional ... Baca halaman selanjutnya